Home Wisata Jogja Pasar Beringharjo, Pasar Tradisional Terbesar di Jogja

Pasar Beringharjo, Pasar Tradisional Terbesar di Jogja

by jogjatv
200 views
ads space  

ads space

Wisatawan yang berkunjung ke Kota Yogya, DI Yogyakarta, tak mungkin melewatkan Pasar Beringharjo. Namanya sudah menyeruak sejak 1925, tepat saat Belanda masih menjajah Indonesia. Bayangkan, beberapa puluh tahun lalu noni-noni Belanda lalu lalang di gang-gangnya, menyatu dengan kerumunan pribumi yang berjualan di pasar.

Pasar tradisional di Jl Malioboro ini adalah yang terbesar di Kota Yogya. Nama ‘Beringharjo’ dicanangkan oleh Sultan Hamengku Buwono IX karena kawasan ini dulunya hutan beringin. Sekarang, hiruk pikuk pasar tradisional masih kental terasa di sini. Wisatawan domestik, mancanegara, dan warga lokal berbaur dalam atmosfer tawar-menawar. Hangat.

Pasar ini menjual batik, aneka kerajinan serta kuliner khas Yogya. Siapa yang tak kenal gudeg, atau pecel yang diberi remahan peyek kacang? Baik pagi, siang, sore, atau malam, Pasar Beringharjo siap memuaskan agenda makan para traveler. Ada pula jajanan manis seperti gethuk, es cincau, es campur, atau ketan manis yang disiram gula merah dan kelapa parut.

Soal batik, Pasar Beringharjo punya semuanya. Kain, baju, celana, kemeja, selimut, sampai tas dan sandal. Bahannya mulai dari katun, sifon, hingga sutra. Dari 4 lantai di Pasar Beringharjo, lantai 2 dan 3 menyuguhkan atmosfer berbeda. Wangi herbal menyeruak di lantai 2, pusatnya bahan jamu dan rempah-rempah. Sementara di lantai 3, traveler bisa menemukan beragam benda antik seperti kotak perhiasan dan lampu-lampu tua

ads space

Share video ini
  • 24.9K
  •  
  •  
  •  

Related Posts