Wonderful Jogja

CANDI PRAMBANAN Candi Hindu Terbesar di Asia Tenggara

Candi Prambanan terletak di jalan dari Jogja  – Solo, di perbatasan Jawa Tengah dan DIY. Bangunan ini dibangun pada abad ke-850 oleh raja dinasti Sanjaya. Hollander, bernama C.A. Lons, menemukan Candi Prambanan pada tahun 1733. Pertama ia melihat batu persegi hitam di tanah, dan kemudian mulai membersihkan dan memindahkannya satu demi satu. Oudheidkundige Dienst, Otoritas Purbakala Belanda, merancang sistem yang lebih sistematis untuk menyusun  batu-batu tersebut sama seperti aslinya. Meskipun itu sangatlah sulit, dan membutuhkan banyak biaya dan komitmen yang kuat untuk membangunnya  kembali, akhirnya pada tahun 1993 Candi Prambanan berdiri kembali di Indonesia.

Dengan tinggi 47 meter, 8 candi utama dan 250 candi kecil, menjadikan Candi Prambanan sebagai candi Hindu terbesar di Asia Tenggara. Dilihat dari udara, kompleks Candi Prambanan membentuk konfigurasi sebuah Mandala, sebuah persegi dengan poin di sisi utara, selatan, barat dan timur. Pada titik utara adalah tempat suci untuk Batara Wisnu, Dewa semangat dalam agama Hindu dan pada titik selatan untuk Batara Brahma, Dewa pencipta.

Pada posisi sejajar, terdapat sebuah candi dengan 4 kamar di setiap sisi dalam. Patung Dewa Hindu dan Dewi berdiri di dalam ruangan. Pada masa lalu, ruangan itu menjadi tempat suci untuk berdoa dan meditasi. Dingin dan gelap, begitu tenang, tempat terbaik untuk bertemu Dewa. Ada tangga batu terjal yang diratakan ruang pada permukaannya. Mandala ini memiliki 20 candi di tepinya. Terdapat relief Ramayana pada dinding sampingnya, cerita tentang perjalanan Rama mengelilingi dunia.

Di sisi timur kompleks candi, sebuah museum memberi informasi kepada pengunjung tentang sejarah Candi Prambanan, dari pertama didirikan sampai sekarang dan juga artefak yang ditemukan di situs tersebut. Sebuah panggung besar, bernama Panggung Ramayana, juga menjadi bagian dari museum ini. Panggung ini menyajikan  kepada khalayak indahnya bulan purnama pada hari ke-15 setiap bulannya (kalender Jawa). Pada saat yang sama, para penari menarikan  cerita epik Ramayana.

Lokasi Candi Prambanan

Jalan Raya Jogja – Solo Km 16, Prambanan, Sleman, Yogyakarta 55571, Indonesia (lihat peta)

Telepon: (0274) 496 401

Koordinat GPS: -7,75197222222222, 110,491138888889

Tiket Masuk Candi Prambanan

Rp 30.000 (dewasa)

Rp 12.500 (anak)

USD 18 (internasional)

Buka setiap hari

06:00 a.m – 5:00 p.m

Sumber Video > https://www.youtube.com/watch?v=S-vD88-YcKk

Video – video Candi Prambanan lainnya silakan lihat di bawah ini

Leave a Comment